PENGOPERASIAN KAPAL K-A

PENGOPERASIAN KAPAL

 

1. Dalam manajemen perencanaan adalah sebuah patokan untuk mempermudah manajer agar tercapainya tujuan, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain, pengorganisasian, pengarahan dan pengontrolan tak akan dapat berjalan.

Begitupun dalam sebuah perusahaan sebelum melakukan suatu kegiatan pelayanan kapal maka harus melakukan perencanaan. Tugas Anda, buatlah suatu perencanaan mulai kapal masuk pelabuhan sampai dengan kapal berangkat meninggalkan pelabuhan!

 

2. Pelayaran berdasarkan sifatnya terbagi atas 2, yaitu Pelayaran Tetap (Liner Service) yaitu pelayaran yang dijalankan secara tetap dan teratur, baik dalam hal keberangkatan maupun kedatangan di pelabuhan dan Pelayaran Tidak Tetap (Tramper) merupakan pelayaran yang tidak terikat oleh ketentuan formal apapun yang baik menyangkut wilayah operasi.

Tugas Anda, carilah data kapal yang dilayani pada tempat perusahaan Anda praktek kemudian buat schedule 1 bulan pada paket Anda serta rencana pemuatannya?

 

3. Sebelum kapal berbendera asing sandar di pelabuhan pertama kali di wilayah Indonesia, sebutkan dokumen apa saja yang harus dilampirkan? Serta form yang harus diisi di :

a.  Kantor Syahbandar

b.  Kantor Otoritas Pelabuhan

c.   Kantor Imigrasi

d.  Kantor Bea dan Cukai

e.   Kantor Kesehatan Pelabuhan

 

4. Sebagaimana kita ketahui bahwa selama kapal beroperasi ada beberapa komponen-komponen biaya yang harus dikeluarkan. Sebutkan dan jelaskan komponen biaya tersebut?

 

5. Pada saat kapal sandar ada beberapa biaya-biaya yang harus dikeluarkan selama di pelabuhan. Tugas Anda berdasar schedule pada soal no. 2 di atas, buatlah perencanaan dan hitunglah seluruh biaya serta mempersiapkan kebutuhan kapal termasuk kebutuhan hingga tiba di pelabuhan tujuan (1 kapal dan crew)