BISNIS SEWA MENYEWA KAPAL K-A

BISNIS SEWA MENYEWA KAPAL

 

1. Sewa menyewa ruangan kapal dalam bentuk perjanjian Charter dapat dibagi dalam 11 jenis. Jelaskan jenis-jenis Charter yang dimaksud?

 

2. Masing-masing pelaku dalam hal sewa menyewa kargo baik Owner, Captain dan Charterer tentu sudah jelas batang tanggung jawab masing-masing. Jelaskan batas tanggung jawab Owner, Captain dan Charterer terhadap kargo tersebut?

 

3. Sewa menyewa kapal merupakan hasil kesepakatan kedua belah pihak antara Pemilik Kapal (Owner) dan Penyewa (Charterer) dan hak & kewajiban Owner & Charterer yang harus dipenuhi kedua belah pihak. Jelaskan hak & kewajiban Owner & Charterer dengan jenis Charter :

a.  Bareboat Charter

b.  Time Charter

c.  Voyage Charter

d.  Trip Time Charter

 

4. Pada saat Anda praktek, Anda diminta untuk membuat satu contoh surat perjanjian sewa menyewa kapal beserta dokumen pendukung dan Anda diminta lampirkan dokumen tersebut (contoh jenis perjanjian Charter dapat dipilih salah satu dari 4 jenis Charter pada poin no. 3)

 

5. Dalam kegiatan sewa menyewa kapal sudah tentu ada kelebihan dan kekurangan. Menurut Saudara apa kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan sewa menyewa kapal baik sebagai :

a.  Pemilik kapal

b.  Penyewa kapal