TARIF ANGKUTAN LAUT (FREIGHT) K-A

TARIF ANGKUTAN LAUT (FREIGHT)

 

1. Mintalah data kegiatan kapal-kapal yang dioperasikan oleh perusahaan pelayaran, baik milik maupun keagenenan, hitunglah minimal 10 (sepuluh) kapal daily operating cost kapal tersebut pada saat  suatu periode tertentu (sample 1 bulan).

 

2. Mintalah penjelasan mekanisme penetapan uang tambang pada perusahaan pelayaran tempat Saudara melaksanakan praktek buatlah flowchart sederhana atas mekansime penetapan uang tambang yang dilakukan, berikanlah minimal 10 (sepuluh) jenis besaran uang tambang yang diberlakukan, mintalah dokumen terkait (kontak charter, BL, nota tagihan, dll). Carilah informasi tentang besaran uang tambang yang diterapkan pada perusahaan pelayaran lain yang menjadi competitor (market rate).

 

3. Bagaimana program kebijakan uang tambang yang diberlakukan perusahaan pelayaran tempat Saudara melakukan praktek sehingga dapat mempertahankan pelanggan/customer

a.  Program kebijakan tariff yang dilakukan (discount, reduksi, dll)

b.  Apa dampak kebijakan tariff tersebut terhadap peningkatan dan performance perusahaan pelayaran tempat Saudara melakukan praktek.

 

4. Selain tariff uang tambang, dalam pengoperasian suatu kapal terdapat tariff-tarif terkait, mintalah data dan penjelasan di perusahaan pelayaran tempat Saudara peraktek terkait hal-hal sebagai berikut :

a.  Tarif pelayanan jasa kepelabuhanan

b.  Tarif pengangkutan darat

c.   Tarif bongkar muat

Copylah dokumen dimaksud dan buatlah analisa dan penjelasan.

 

5. Mintalah penjelasan dan copylah dokumen yang terdapat pada perusahaan pelayaran tempat Saudara melaksanakan praktek, terkait :

a.  Advance Freight

b.  Lump Sum Freight

c.  Dead Freight

d.  Back Freight

e.  Pro Rata Freight