MANAJEMEN ANGKUTAN LAUT K-A

MANAJEMEN ANGKUTAN LAUT

 

1. Manajemen angkutan laut secara sederhana adalah bagaimana pengiriman barang dengan menggunakan angkutan laut dapat terlaksana dengan baik, mulai dari pengiriman, pengangkutan dan penerimaan. Berkaitan dengan hal tersebut, diminta kepada Saudara untuk melakukan penelitian di Perusahaan Pelayaran tempat melaksanakan Praktek Darat hal-hal sebagai berikut :

a.  Jelaskan bentuk dan struktur organisasi serta uraian tugas masing fungsi dan bagian dari Perusahaan pelayaran.

b.  Jelaskan proses pengiriman barang yang dilakukan pada perusahaan pelayaran tempat Saudara melakukan praktek darat, gambarkan flowchartnya. Termasuk bagaimana proses pengiriman barang dengan menggunakan multimoda transportasi yang dilakukan pada perusahaan pelayaran tempat prktek darat.

c.  Gambarkan flowchart dan jelaskan mekanisme komunikasi dan koordinasi yang dilakukan antar bagian agar pengiriman barang dapat terlaksana dengan aman dan lancar.

d.  Mintalah dokumen yang digunakan dalam pelaksanaan pengiriman dan penerimaan barang dengan menggunakan moda angkutan laut, jelaskan fungsi dan kegunaan dari masing-masing dokumen tersebut.

 

2. Pengiriman barang melalui kapal harus memperhatikan besarnya muatan dan pemenuhan muatan agar biaya pengiriman tidak mahal. Oleh karena itu diminta kepada Saudara untuk melakukan penelitian dan meminta penjelasan dari pejabat terkait di perusahaan pelayaran tempat melakukan praktek darat hal-hal sebagai berikut :

a.  Kegiatan pemasaran dan pengembangan usaha yang dilakukan, gambarkan dan jelaskan flowchartnya.

b.  Bagaimana cara-cara yang dilakukan untuk mempertahankan pelanggan dan mengoptimalkan pemenuhan ruang kapal.

c.  Mintalah dokumen perjanjian kerjasama pengangkutan yang dilakukan, lakukan analisa dan penjelasan terhadap dokumen kerjasama tersebut terkait :

1)  Jangka waktu perjanjian

2)  Besaran tariff pengangkutan yang dikenakan

3)  Jenis barang yang diangkut

4)  Pelabuhan asal dan pelabuhan tujuan

5)  Kewajiban hak masing-masing pihak, dll

 

3. Perusahaan pelayaran adalah badan usaha yang menjalankan usahanya dengan jalan mengoperasikan kapal atau kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kapal. Diminta kepada Saudara untuk meminta penjelasan dan melakukan analisa pada Perusahaan Pelayaran tempat Saudara melakukan praktek:

a.  Jenis kegiatan pengusahaan yang dilakukan perusahaan pelayaran

b.  Jumlah kapal yang dimiliki dan dioperasikan, sampaikan ship particular masing-msing kapal dan gambarkan pola trayek/pelayaran masing-masing kapal tersebut

c.  Mekanisme/manajemen pengelolaan armada yang dilakukan, terkait dengan pengadaan, pemeliharaan, pengawakan, komunikasi  dan pengoperasian

 

4. Mintalah laporan manajemen/laporan keungan tahun terakhir yang telah dipublikasi pada perusahaan pelayaran tempat Saudara melakukan praktek, selanjutkan lakukan analisa dan buatlah rasio terhadap laporan tersebut, yang terdiri :

a.  Rasio Likuiditas (current ratio, cash ratio, quick ratio)

b.  Rasio Profitabilitas (gross profit margin, operating income ratio, net profit margin, Return on equity/ROE, Rate of Return Invesment/ROI)

c.  Rasio Solvabilitas (total debt to asset ratio, total debt to equity ratio)

d.  Rasio Aktivitas (total asset turn over, working capital turn over, inventory turn over, average collection period ratio)

 

5. Dalam pengoperasian perusahaan pelayaran terdapat pihak-pihak yang menjadi mitra agar pengiriman barang dapat terlaksana dengan baik dan lancer. Jelaskan pihak-pihak yang berkaitan dengan perusahaan pelayaran tempat Saudara melaksanakan praktek, terkait hal-hal sebagai berikut :

a.  Perusahaan ekpedisi muatan kapal laut

b.  Warehousing

c.  Perusahaan bongkar muat

d.  Lembaga pengurusan jasa transportasi